0
   
    kalian mungkin sering sekali melihat gambar / mendengar kata "Hatsune Miku" atau "VOCALOID". baik Jepang, maupun festival anime musik Jepang. walaupun vocaloid pernah menerbitkan manga-nya dan meraih sukses, namun sebenarnya vocaloid bukanlah sebuah anime / manga melaikan nama dari sebuah program voice synthesizer buatan Yamaha.

    Hatsune Miku merupakan nama sebuah karakter yang dibuat berdasarkan salah satu jenis suara yang terdapat dalam program Vocaloid. Hatsune Miku telah menjadi salah satu karakter yang paling terkenal di vocaloid, dalam pembahasan kali ini, saya tidak membahas tentang software Vocaloid melainkan cara penggunaannya, tetapi yang akan saya jelaskan pertama kali tentang karakter-karakter yang ada di software Vocaloid tersebut dan popularitas nama mereka sehingga melambung / populer. banyak orang menyangka bahwa Hatsune Miku adalah karakter pertama, utama, dan satu-satunya di software Vocaloid, tapi sebenarnya tidak. sebelum dan sesudah Hatsune Miku masih ada beberapa karakter Vocaloid yang dirilis secara resmi oleh pihak Yamaha, karakter-karakter tersebut seperti berikut:

1. Leon & Lola
Rilis : 3 Maret 2004
Gender : Leon (Male), Lola (Female)
Chara Item : Leon (Tulip), Lola (Flying Pan)
Referensi : Leon dan Lola adalah karakter utama yang rilis dari Vocaloid. Mereka pertama muncul pada event NAMM tanggal 12 februari 2004. Mereka rilis secara resmi dan komersial pada bulan berikutnya. Pada saat itu Leon dan Lola belum memiliki karkter spesifik bergaya anime seperti kebanyakan karakter Vocaloid sekarang

2. Meiko
Rilis : 5 November 2004
Gender : Female
Voice Base : Haigo Meiko 
Ilustrator : Shogo Washizu
Chara Item : One Cup Ozeki (Sake)
Referensi : Dia adalah karakter perempuan Jepang pertama dari Vocaloid. Karakter suaranya bisa dibilang stabil, datar, dan cocok untuk jenis musik apapun. Oleh sebab itulah karakter suaranya bisa sangat mengalir seiring dengan musik dan membuatnya memiliki jangkauan vokal yang luas.

3. Kaito 
Rilis : 17 Februari 2006
Gender : Male 
Voice Base : Fuga Naoto
Ilustrator : Takashi Kawasaki 
Chara Item : Ice Cream
Referensi : Kaito dibuat sebagai pasangan Meiko agar bisa dikembangkan bersama-sama. Penjualan awalnya yang hanya terjual sebanyak 500 kopi saja membuat Kaito dianggap sebagai produk gagal. Namun setelah Hatsune Miku rilis dan Kaito di rombak ulang, kepopuleran Kaito meningkat dan produknya mulai disukai di pasaran

4. Sweet-Ann
Rilis : 29 Juni 2007
Gender : Female 
Voice Base : Jody
Chara Item : Chicken Drumstick 
Referensi : Suaranya diibaratkan seakan-akan terdengar manis. kelebihan dari karakter suaranya adalah bisa menghasilkan tipe suara yang bervariasi tergantung dengan jenis musik yang mengiringi. Dia adalah produk pertama yang menggunakan Vocaloid2 upgrade software Yamaha. Karakter ini menggunakan suara dari seorang penyanyi asal Australia yang bernama Jody.

5. Hatsune Miku
Rilis : 31 Agustus 2007
Gender : Female
Age : 16
Height : 158 
Voice Base : Fujita Saki
Ilustrator : KEI
Chara Item : Spring Onion
Referensi : Sebelum Hatsune Miku dirilis, Vocaloid tidak lebih hanya sebuah program yang tidak populer. sesaat setelah kemunculannya, para pengguna situs Nico Nico Douga mulai mengupload video lagu yang menggunakan software Vocaloid sebagai software pendukungnya. Miku menjadi sangat populer setelah salah satu pengguna Nico Nico Douga mengunggah video Miku versi chibi menyanyikan lagu Levan Polka (lagu asal finlandia) sambil mengibaskan daun bawang. Setelah kepopuleran tersebut, situs Nico Nico Douga menjadi wadah untuk melakukan kolaborasi antar penggunanya, dan mengunggah hasil karya mereka. Semakin terkenalnya Hatsune Miku akhirnya membuat dia manampilkan konser pertamanya di Animelo Summer Live yang berlokasi di SSA (Saitam Super Arena) pada 22 Agustus 2009. Setelah konser tersebut, Miku beserta karakter Vocaloid lainnya menggelar beberapa konser di berbagai kota, bahkan beberapa negara di seluruh dunia

6. Kagamine Rin & Kagamine Len
Rilis : 27 Desember 2007
Gender : Rin (Female), Len (Male)
Age : 14
Height : Rin 152 cm, Len 156 cm
Voice Base : Shimoda Asami 
Ilustrator : KEI
Chara Item : Rin (Roadroller & Mikan), Len (Roadroller & Banana)
Referensi : Sepasang saudara kembar berasal dari sumber suara yang sama. Walaupun Len berjenis kelamin laki-laki, jangkauan suaranya hampir setara dengan Rin, hanya sedikit lebih rendah saja. Karena berasal dari sumber suara yang sama, suara keduanya sangat harmonis sehingga dapat digunakan untuk duet yang serasi dalam sebuah lagu.

7. Kamui Gakupo 
Rilis : 31 Juli 2008
Gender : Male
Age : 20 
Voice Base : Camul Gackt
Ilustrator : Kentaro Miura
Chara Item : Eggplant
Referensi : Awalnya, INTERNET Co. ingin membuat karakter Vocaloid yang suara dasarnya diambil dari penyanyi yang sudah dikenal. Namun mereka menemui kesulitan karena banyak penyanyi tidak mau diajak kerjasama. Akhirnya, setelah berdiskusi dengan pihak Dwango yang mengurus Nico Nico Douga, mereka disarankan untuk mencoba bekerjasama dengan Gackt. Untungnya Gackt setuju untuk menyumbangkan suaranya untuk menjadi vocak dasar Vocaloid yang diberi julukan Gackpoid

8. Megurine Luka
Rilis : 30 Januari 2009
Gender : Female
Age : 20
Height : 162 cm
Voice Base : Asakawa Yuu
Ilustrator KEI
Chara Item : Frozen Tuna
Referensi : Crypton mempromosikan databse vokal Luka sebagai bilingual untuk bahasa Jepang dan bahasa Inggris dan hanya butuh beberapa hari setelah tanggal rilisnya untuk menghasilkan banyak lagu yang menggunakan suaranya. Bahkan hebatnya, banyak lagu yang menggunakan suara Luka dan memasuki peringkat Top 30. Hal itu membuat Luka sebagai suara yang digunakan dalam lagu dengan peringkat tertinggi dalam satu minggu.

9. Gumi 
Rilis : 25 Juni 2009
Gender : Female
Age : 20
Height : 162 cm
Voice Base : Nakajima Megumi
Ilustrator : Masami Yuuki
Chara Item : Carrot (wortel)
Referensi : Pada saat perilisannya, dia adalah salah satu karakter Vocaloid2 yang dianggap memiliki suara paling nyata dan dapat bernyanyi dengan lembut dan jernih. Diantara semua jenis suara perempuan yang ada di Vocaloid, dia salah satu yang mempunyai jangkauan nada paling luas dan mudah untuk diatur. Dia memiliki kosa kata pengucapan yang bisa terbukang lebih jelas dan bagus dibandingkan dengan karakter Vocaloid pada saat itu. Kelemahan dari jenis suaranya adalah karakternya yang terdengah sedikit serak, namun para pengguna suaranya dapat menghilangkan karakter seraknya jika memang diinginkan. Walaupun dia banyak sekali disukai karena lebih mudah untuk menirukan bahasa Inggirs, tetapi tetap saja seperti halnya karakter Vocaloid Jepang lainnya, dia memiliki keterbatasan.

10. Sonika
Rilis : 14 Juli 2009
Gender : Female
Age : 17
Height : 167
Referensi : Sonika memiliki aksen Inggirs yang kuat dan sangat cocok untuk jenis musik Pop yang terdapat pada akhir abad 20. sayangnya jangkauan vocalnya sangat terbatas dan juga memerlukan banyak pengaturan dalam penggunaannya. Pengucapan suku katanya sangat bagus dan bervariasi, sehingga memungkinkan untuk mengiri lagu dalam beberapa bahasa.

11. SF-A2 Miki
Rilis : 4 Desember 2009
Gender : Female
Voice Base : Furukawa Miki 
Ilustrator : Yuusuke Kozaki
Chara Item : Cherry
Referensi : SF-A2 Miki adalah karakter Vocaloid Jepang yang dibuat dengan jangkauan vocal yang luas dab hebat dalam menyanyikan nada sangat rendah atau tinggi. Beberapa pengguna suaranya mengatakan bahwa suaranya sangat halus dan memiliki unsur emosional. Namun sayangnya kosa kata dalam pengucapannya lemah dan sangat sulit untuk diatur ketepatan nadanya. Oleh karena itulah suaranya tidak direkomendasikan untuk digunakan oleh pengguna Vocaloid yang masih pemula.

12. Kaai Yuuki
Rilis : 4 Desember 2009
Gender : Female
Age : 9
Chara Item : Apple
Referensi : Yuuki digambarkan sebagai seorang pelajar sekolah dasar, dan suaranya memang diambil dari seorang pelajar sekolah dasar. Sayangnya, nama seseorang menawarkan suaranya untuk digunakan sebagai suara Yuuki masih belum diketahui. Yuuki dibuat untuk menyanyikan lagu anak-anak dan memiliki jenis suara yang lembut dan imut. Suar menyerupai anak kecilnya membuat dirinya menjadi salah satu yang unik diantara karakter Vocaloid lainnya. Jenis suaranya sangat cocok untuk mengiringi lagu yang lembut dan manis. Karena karakter suaranya seperti itu, Yuuki tidak bisa bernyanyi seaakan-akan dirinya adalah seorang penyanyi profesional, melainkan suaranya terdengar seperti penyanyi amatir.

13. Lilly
Rilis : 25 Agustus 2010
Gender : Female 
Voice Base : Yuri Masuda
Ilustrator : KEI
Referensi : Lilly memiliki suara perempuan yang terdengar dewasa dan agak serak. Dia dapat bernyanyi lebih baik pada nada rendah dan sedang dibandingkan dengan nada tinggi. Dia juga dapat mengucapkan kalimat dengah jelas, namun dia kurang bagus dalam pengucapan konsonan terpisah

14. Nekomura Iroha
Rilis : 22 Oktober 2010
Gender : Female
Ilustrator : Okama
Referensi : Iroha adalah salah satu karakter penyuka kucing yang sangat menggemari salah satu karakter sanrio Hello Kitty. Dia juga termasuk dalam proyek "Hello Kitty to Issho!" pada awal agustus 2010. Iroha memiliki karakter suara yang kuat, bertenaga, dan tidak membuat suaranya terdengar seperti anak kecil. Dia mampu bernyanyi dengan baik dalam lagu bertempo cepat dan juga memiliki konsonan yang kuat dan jelas. Dia juga dapat menyanyikan kosa kata bahasa Jepang dengan jelas dan halus. Jangkauan vocalnya yang luas, deia dapat bernyanyi dengan baik pada nada rendah, tinggi, maupun falsetto

Selain beberapa karakter yang disebutkan diatas, masih ada beberapa karakter Vocaloid yang termasuk dalam Vocaloid2 dan Vocaloid3 seperti : Utatabe Piko, Aoki Lapis, CUL, Ring Suzune, dan lainnya.

setelah penjelasan beberapa karakter diatas mari kita ke pokok persoalan.
Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, Vocaloid hanya sebuah software pendukung untuk membuat musik. Namun setelah kemunculan Hatsune Miku dan beberapa karakter lainnya, banyak penggemar anime dan musik yang menyukai designnya dan menganggap seakan-akan dirinya adalah seorang penyanyi bintang yang profesional.Hatsune Miku menggelar konser pertama sebagai Virtual Idol dengan dibantu oleh sarana layar proyeksi digital pada acara Animelo Sumer Live di SSA (Saitama Super Arena) pada tanggal 22 Agustus 2009. Setelah berhasil menggelar konser pertamanya, kepopuleran Hatsune Miku dan Vocaloid semakin menjulang dengan munculnya beberapa rilisan video musik resmi dan juga rangkaian konser mereka yang jadwalnya bisa terbilang cukup padat. saat ini mereka sudah menjadi sebuah trend dan bahkan dianggap sebagai idola sungguhanSeperti halnya seorang idola dan penyanyi profesional, Hatsune Miku dan kawan-kawannya juga telah merilis CD album dan single yang beberapa diantaranya sempat menduduki ranking teratas dalam peringkat tangga lagu di Jepang. Selain itu mereka juga merilisi beberapa DVD yang berisikan video musik dan rekaman konser mereka. Perjalanan mereka tidak berhenti sampai situ saja, kini mereka sudah memiliki banyak sekali rilisan yang berhubungan dengan mereka seperti : action figure (figma), T-Shirt, Merchandise, Manga, Video Game, dan lain sebagainya.

Post a Comment

(*)Jangan Spam
(*)Jangan Komentar Dengan Link Aktif
(*)Sopan dalam tutur kata
(*)Komentar Sesuai Artikel
(*)Usahakan Komentar Dengan Relevan
(*)Jangan Komentar Pertamax ato Keduax

 
Top